KISI-KISI INSTRMEN PENILAIAN
LAMPIRAN 1
KISI-KISI INSTRMEN
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
NO
|
INDIKATOR
|
KUALIFIKASI
|
1
|
1.
Khusu berdoa sebelum belajar
|
Selalu,
sering, jarang, tidak pernah
|
2
|
2.
Mengucapkan kalimah thoyibah dalam merespon sebuah
kejadian
|
Selalu,
sering, jarang, tidak pernah
|
3
|
3.
Konsisten dalam memberi salam pada saat awal dan akhir kegiatan
|
Selalu,
sering, jarang, tidak pernah
|
4
|
4.
Bersyukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu
|
Selalu,
sering, jarang, tidak pernah
|
LAMPIRAN 2
KISI-KISI INSTRMEN PENILAIAN
SIKAP SOSIAL
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
KUALIFIKASI
|
1
|
Jujur
|
Manyampaikan informasi apa adanya.
|
BT,
MT, MB, SB, B
|
2
|
Disiplin
|
Menyelesaikan tugas tepat waktu
|
BT,
MT, MB, SB, B
|
3
|
Tanggung
Jawab
|
Partisipasi dalam menyelesaikan tugas.
|
BT,
MT, MB, SB, B
|
4
|
Santun
|
Berpakaian rapih
dan sopan.
|
BT,
MT, MB, SB, B
|
5
|
Percaya
diri
|
Tidak canggung ketika tampil.
|
BT,
MT, MB, SB, B
|
LAMPIRAN 3
1.
Jelaskan 4 (empat) sebab Nabi Muhmmad SAW. dan para
sahabat melakukan hijrah ke Madinah !
2. Jelaskan bagaimana perbedaan reaksi kafir Quraisy terhadap
hijrah Nabi Muhammad SAW .dan para sahabat ke Madinah setelah meninggalkan
Mekkah dan setelah hijrah !
3.
Jelaskan 5 (lima) langkah proses hijrah Nabi
Muhammad SAW dan para sahabat para ke Madinah !
4.
Jelaskan 6 Metode dakwah Nabi Muhammad SAW.dalam membangun
perekonomian dan perdagangan di Madinah!
LAMPIRAN 4.
LEMBAR KEGIATAN
Judul :
Kelas :
Hari/tanggal :
Nama
Kelompok :
Anggota
Kelompok :
Tujuan Pembelajaran : Melalui diskusi simulasi dan presentasi
peserta didik dapat
memahami hijrah Nabi Muhammad saw dan para sahabat di Madinah
Kegiatan :
1.
Susunlah
kembali potongan-potongan kertas yang berisi materi pembelajaran sehingga
menjadi suatu kesatuan yang utuh, dengan menempelkan pada kertas yang telah
disediakan
2.
Bila ada
potongan kertas yang tidak sesuai, dipersilahkan mencari kepada kelompok yang
lain dan mencocokkannya
3.
Pasangkan
materi yang sudah utuh di papan white board dengan menggunakan isolatip
No
|
Nama
Kelompok
|
Aspek yang
dinilai
|
|
Kerapihan
menyusun puzzle
|
Posisi
gambar tidak miring
|
||
1
|
Kelompok I
|
||
2
|
Kelompok II
|
||
3
|
Kelompok III
|
||
4
|
Kelompok IV
|
||
5
|
Kelompok V
|
||
6
|
Kelompok VI
|
SKOR
NILAI
NO
|
JAWABAN
|
SKOR
|
20
|
||
20
|
||
30
|
||
30
|
||
JUMLAH:TOTAL
|
100
|
LEMBAR
KEGIATAN
Judul :
Kelas :
Hari/tanggal :
Nama Kelompok :
Anggota Kelompok :
Tujuan Pembelajaran : Melalui diskusi simulasi dan presentasi
peserta didik dapat memahami hijrah Nabi Muhammad saw dan para
sahabat di Madinah
Kegiatan :
1.
Susunlah kembali potongan-potongan kertas yang
berisi materi pembelajaran sehingga menjadi suatu kesatuan yang utuh, dengan
menempelkan pada kertas yang telah disediakan
2.
Bila ada potongan kertas yang tidak sesuai,
dipersilahkan mencari kepada kelompok yang lain dan mencocokkannya
3.
Pasangkan materi yang sudah utuh di papan white
board dengan menggunakan isolatip
4.
Tuliskan minimal dua pertanyaan mengenai tayangan video hijrah Nabi Muhammad ke
Madinah.
a.
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
b.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
5.
Tuliskan pengertian hijrah menurut istilah dan
bahasa
…………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………….
6.
Sebutkan macam-macam hijrah
..........................................................................................................................................................
7.
Iman mengalami proses naik dan turun, kuat dan
lemah, terkadang bercampur dengan kemusyrikan, maka hijrah yang harus dilakukan
bila iman berada ditepi jurang kemusyrikan dan kekufuran
adalah..........................................................
8.
Siapakah yang menggantikan posisi tempat tidur
Nabi Muhammad, ketika Nabi hendak melakukan perjalanan
hijrah...................................
9.
Dalam rangka mengelabui kaum kafir quraisy, nabi
Muhammad dan Abu bakar pergi ke Madinah melalui arah selatan dan bersembunyi
didalam gua selama beberapa hari, nama gua tersebut adalah..............
10.
Nama masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad saw
sebelum kedatangan ke Madinah adalah............................
11.
Berikan penilaian masing-masing kelompok terhadap
materi yang dipasang di papan dengan memberikan nilai angka antara 50-100
No
|
Nama Kelompok
|
Aspek yang dinilai
|
|
Kerapihan menyusun puzzle
|
Posisi gambar tidak miring
|
||
1
|
Kelompok I
|
||
2
|
Kelompok II
|
||
3
|
Kelompok III
|
||
4
|
Kelompok IV
|
||
5
|
Kelompok V
|
||
6
|
Kelompok VI
|
12.
Hutunglah setiap petak
dalam setiap persegi dan isilah table berikut:
SISI
|
PANJANG
SISI
|
JUMLAH PETAK PADA PERSEGI
|
ab
|
||
bc
|
||
ac
|
13.
Perhatikan angka-angka pada
kolom jumah petak, apakah terdapat hubungan antara ketiganya?
Hubungan:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………….
14.
Perhatikan angka pada kolom
panjang sisi dan kolom jumlah petak pada setiap sisi. Hubungan apa yang
terdapat pada kedua angka tersebtu?
a.
…..
b.
…..
c.
…..
15.
Rumuskan sebuah kesimpulan
dari kegiatan 10 dan 11.
Tidak ada komentar:
Write komentar