Social

Sabtu, 20 Januari 2018

Instrumen Penilaian

KISI-KISI INSTRMEN PENILAIAN 



LAMPIRAN 1


KISI-KISI INSTRMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

NO
INDIKATOR
KUALIFIKASI
1
1.    Khusu berdoa sebelum belajar
Selalu, sering, jarang, tidak pernah
2
2.    Mengucapkan kalimah thoyibah dalam merespon sebuah kejadian
Selalu, sering, jarang, tidak pernah
3
3.    Konsisten dalam memberi salam pada saat awal  dan akhir kegiatan
Selalu, sering, jarang, tidak pernah
4
4.    Bersyukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu
Selalu, sering, jarang, tidak pernah




LAMPIRAN 2

KISI-KISI INSTRMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL

NO
ASPEK
INDIKATOR
KUALIFIKASI
1
Jujur
Manyampaikan informasi apa adanya.
BT, MT, MB, SB, B
2
Disiplin
Menyelesaikan tugas tepat waktu
BT, MT, MB, SB, B
3
Tanggung Jawab
Partisipasi dalam menyelesaikan tugas.
BT, MT, MB, SB, B
4
Santun
Berpakaian rapih  dan sopan.
BT, MT, MB, SB, B
5
Percaya diri
Tidak canggung ketika tampil.
BT, MT, MB, SB, B


LAMPIRAN 3


1.      Jelaskan 4 (empat) sebab Nabi Muhmmad SAW. dan para sahabat melakukan hijrah ke Madinah !

2.      Jelaskan bagaimana perbedaan reaksi kafir Quraisy terhadap hijrah Nabi Muhammad SAW .dan para sahabat ke Madinah setelah meninggalkan Mekkah dan setelah hijrah !

3.      Jelaskan 5 (lima) langkah proses hijrah Nabi Muhammad SAW dan para sahabat para ke Madinah !

4.      Jelaskan 6 Metode dakwah Nabi Muhammad SAW.dalam membangun perekonomian dan perdagangan di Madinah!



LAMPIRAN 4.
LEMBAR KEGIATAN

Judul                            :
Kelas                           :
Hari/tanggal                 :
Nama Kelompok         :
Anggota Kelompok      :

Tujuan Pembelajaran : Melalui diskusi simulasi dan presentasi peserta didik dapat memahami hijrah Nabi Muhammad saw dan para sahabat di Madinah
Kegiatan                     :

1.      Susunlah kembali potongan-potongan kertas yang berisi materi pembelajaran sehingga menjadi suatu kesatuan yang utuh, dengan menempelkan pada kertas yang telah disediakan

2.      Bila ada potongan kertas yang tidak sesuai, dipersilahkan mencari kepada kelompok yang lain dan mencocokkannya

3.      Pasangkan materi yang sudah utuh di papan white board dengan menggunakan isolatip




No

Nama Kelompok
Aspek yang dinilai
Kerapihan menyusun puzzle
Posisi gambar tidak miring
1
Kelompok I


2
Kelompok II


3
Kelompok III


4
Kelompok IV


5
Kelompok V


6
Kelompok VI


SKOR NILAI
NO
JAWABAN
SKOR


20



20


30


30

JUMLAH:TOTAL
100



LEMBAR KEGIATAN

Judul                                     :
Kelas                                     :
Hari/tanggal                       :
Nama Kelompok              :
Anggota Kelompok         :

Tujuan Pembelajaran    : Melalui diskusi simulasi dan presentasi peserta didik dapat memahami hijrah Nabi Muhammad saw dan para sahabat di Madinah
Kegiatan                              :

1.       Susunlah kembali potongan-potongan kertas yang berisi materi pembelajaran sehingga menjadi suatu kesatuan yang utuh, dengan menempelkan pada kertas yang telah disediakan

2.       Bila ada potongan kertas yang tidak sesuai, dipersilahkan mencari kepada kelompok yang lain dan mencocokkannya

3.       Pasangkan materi yang sudah utuh di papan white board dengan menggunakan isolatip

4.       Tuliskan minimal dua pertanyaan mengenai tayangan video hijrah Nabi Muhammad ke Madinah.
a.       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
b.      …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

5.       Tuliskan pengertian hijrah menurut istilah dan bahasa
…………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………….

6.       Sebutkan macam-macam hijrah
..........................................................................................................................................................

7.       Iman mengalami proses naik dan turun, kuat dan lemah, terkadang bercampur dengan kemusyrikan, maka hijrah yang harus dilakukan bila iman berada ditepi jurang kemusyrikan dan kekufuran adalah..........................................................
8.       Siapakah yang menggantikan posisi tempat tidur Nabi Muhammad, ketika Nabi hendak melakukan perjalanan hijrah...................................
9.       Dalam rangka mengelabui kaum kafir quraisy, nabi Muhammad dan Abu bakar pergi ke Madinah melalui arah selatan dan bersembunyi didalam gua selama beberapa hari, nama gua tersebut adalah..............
10.   Nama masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad saw sebelum kedatangan ke Madinah adalah............................
11.   Berikan penilaian masing-masing kelompok terhadap materi yang dipasang di papan dengan memberikan nilai angka antara 50-100




No

Nama Kelompok
Aspek yang dinilai
Kerapihan menyusun puzzle
Posisi gambar tidak miring
1
Kelompok I


2
Kelompok II


3
Kelompok III


4
Kelompok IV


5
Kelompok V


6
Kelompok VI
















                               

















12.   Hutunglah setiap petak dalam setiap persegi dan isilah table berikut:


SISI
PANJANG
SISI
JUMLAH PETAK PADA PERSEGI
ab


bc


ac



13.   Perhatikan angka-angka pada kolom jumah petak, apakah terdapat hubungan antara ketiganya?

Hubungan:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………….

14.   Perhatikan angka pada kolom panjang sisi dan kolom jumlah petak pada setiap sisi. Hubungan apa yang terdapat pada kedua angka tersebtu?
a.       …..
b.      …..
c.       …..

15.   Rumuskan sebuah kesimpulan dari kegiatan 10 dan 11.







    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar