Social

Senin, 25 November 2019

Laporan DTS UAMBN SKI_2019







LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI



DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF
UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL
TINGKAT MTs.







Disusun oleh :
SYAFEI, S.Ag. M.Si
NIP. 197108131997031003







KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TANGERANG
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI RAJEG
TAHUN 2019


IDENTITAS GURU


Nama                                                    :  Syafei, S.Ag. M.Si
NIP/Nomor Seri Karpeg                       :  197108131997031003/G. 358326       
Tempat Tanggal Lahir                          :  Tangerang, 13-08-1971
Jenis Kelamin                                       :  Laki-laki
Pangkat/Gol Ruang/TMT                     :  Pembina / IV a / 1 April 2012
Jenis Guru                                             :  Guru Mata Pelajaran SKI dan SB
Alamat Sekolah                                    :  Jl. KH. Dahlan Tanjakan Rajeg Kab. Tangerang - Banten
Alamat Rumah                                     :  Kp. Pisangan Pangsor RT. 03/03  Ds.sangiang Kec. Sepatan Timur Kab. Tangerang - Banten




























i

LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI


Disusun oleh :




Syafei, S.Ag. M.Si
NIP. 197108131997031003



Disahkan oleh :



Kepala Madrasah,                                                           Koordinator PKB/Tim Penilai,




Trisno Ferdiyansyah, M.Pd                                            Dra. Hj. Marhumah
NIP. 1971 0217200511002                                                                   NIP. 196701221998032001




















ii

DAFTAR ISI
IDENTITAS GURU................................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN...................................................................................... ii
DAFTAR ISI   .....................................................................................................     iii
BAB I  :  PENDAHULUAN..............................................................................      1
1.1     Pendahuluan  ...............................................................................      1
1.2     Nama  Kegiatan ...........................................................................      1
1.3     Waktu Pelaksanaan  .....................................................................      1
1.4     Tempat Kegiatan..........................................................................      1
1.5    Tujuan Pelaksanaan dan Sasaran ..................................................      2
1.6    Lama Waktu Pelaksanaan dan Sasaran ........................................      2
1.7     Surat Penugasan ..........................................................................      2
1.8     Sertifikat Kegiatan.......................................................................      3
BAB II : LAPORAN KEGIATAN...................................................................      5
2.1         Tujuan Kegiatan..........................................................................      5
2.2         Materi Kegiatan  .........................................................................      5
2.3         Tindak Lanjut Kegiatan .............................................................      9
2.3         Dampak  Terhadap Peningkatan Kompetensi.............................      12
BAB III : KESIMPULAN DAN SARAN .......................................................      14
3.1         Kesimpulan .................................................................................      14
3.2         Saran   .........................................................................................      15
Lampiran_lampiran

















iii




BAB I

PENDAHULUAN
1.      Pendahuluan
Dalam PMA No.75 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Pada Kementerian Agama dinyatakan bahwa Pusdiklat Tenaga Yekniks Pendidikan dan Keagamaan , Pengembangan  Sistem Kediklatan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Pengendalian Mutu Diklat dan Pembina Unit Pelaksanaan Teknis di budang pelaksanaan Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan.
Secara garis besar terdapat dua jenis diklat Dalam Jabatan yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan yaitu Diklat Fungsional dan Diklat Substantif.  Diklat Substantif merupakan diklat yang diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang berifat Substantif dalam rangka pencapaian kompeteni yang terkait dengan pekerjaan yang berangkutan, sehingga mampu melakukan tugas dan tanggungjawabnya  secara profesional.
Salah satu kegiatan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan pada tahun anggaran 2019 adalah Diklat Teknis Substantif Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) SKI MTs.
1.1    Nama Kegiatan
  Diklat Teknis Substantif Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) SKI   MTs
1.2  Waktu  Pelaksanaan
Dari  tanggal 13 November  s/d 23  November  2019.
1.3  Tempat Kegiatan
Dilaksanakan di Kampus Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan  Kementerian Agama Jl. Ir . H. Juanda No. 37 Ciputat, Tangerang Selatan

1


 



1.4     Tujuan Pelaksanaan dan Sasaran
Tujuan dan sasaran diklat  adalah :
a.      Tujun
Tujuan diselnggarakan  Diklat Teknis Substantif Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) SKI MTs. Agar peserta mampu meningkatkan kompetensi ehingga nilai SKI di setiap Madrasah meningkat.
b.      Sasaran
Terdidik, terlatih dan terampilnya 34 guru mata pelajaran SKI agar mampu meningkatkan hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) SKI pada MTs
1.5  Lama Waktu Pelaksanaan Diklat
Waktu pelaksanaan selama 100 jam. Keseluruhan Time line setiap modul seperti dalam table berikut.
A.      Kelompok Dasar
Mata Diklat ini ditunjukan untuk meningkatkan komitmen terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara, menanamkan nilai-nilai, budaya kerja, dan kebijakan Kementerian Agama. Mata Diklat  Kelompom dasar ini terdiri dari:
No
Materi
Banyaknya Minggu
T
P
1
Pembangunan Bidang Agama
3

2
Pengembembangan SDM Kementerian Agama
3

3
Peningkatan kulalitas Diklat Teni Pendidikan dan Keagamaan
3


Jumlah
 9 Jam
-

B.      Kelompok Inti

2
Mata Diklat ini ditunjukan untuk meningkatkan komitmen teknis untuk meningkatkan kompetensi teknis yang dibutuhkan oleh satuan organisasi daan/ atau jabataannya.  Mata Diklat  Kelompom  inti  ini terdiri dari:
No
Materi
Banyaknya Minggu
T
P
1
Analisis SKL. KI, KD dan Kisi-kisi Soal UAMBN SKI MTs
4
8
2
Materi Essensial UAMBN SKI MTs
4
6
3
Analisis Soal HOTs UAMBN SKI MTs
3
4
4
Startegi Penyelesaian Soal HOTs UAMBN SKI MTs
6
18
5
Rencana Praktik Penyelesaian Soal UAMBN SKI MTs


6
Praktik  Penyelesaian Soal   UAMBN SKI MTs

16
7
Pembahasan Hasil Praktik Soal   UAMBN SKI MTs

8

Jumlah
19 Jam
64 Jam
C.       Kelompok Penunjang
Mata Diklat ini adalah  mata diklat yang ditunjukan untuk memperkuat, memperkaya, dan memperdalam mata diklat dasar dan amata diklat inti . Mata Diklat  Kelompom penunjang ini terdiri dari:
No
Materi
Banyaknya Minggu
T
P
1
Overview
3
1
2
Building Keraning Commitment
2
2
3
Evaluasi Program
-
1
  4
Rencana Tindak Lanjut
 -
            2

Jumlah
2 Jam
6 Jam

1.6       Surat Penugasan  (terlampir)
1.7      Penyelenggara/ Pelaksana Diklat
No
Nama
Jabatan
Materi
1
Puji Kusbandri
Penanggung Jawab
Panitia
2
Muh. Tamam
Ketua Penyelengara
Panitia
3
Yayat Hidayat
Sekretaris
Panitia
4
Supriyadi
Anggota
Panitia
5
Dias Martina
Pembantu Umum
Panitia
6
Slamet
Pembantu Umum
Panitia
7
Prof. H. Abdurrahman Mas’ud, Ph.D
Pemateri
Pembangunan bidang agama
8
Dr. H. Mahsusi, M.M

3
Pemateri
Peningkatan kualitas Diklat Teknis Pendidikan dan keagamaan
9
Dra. Nanan Nahriah, M.Pd
Pemateri
Building Learning Commitment
Materi Essensial UAMBN SKI MTs
Rencana Praktik Penyelesaian Soal UAMBN KI MTs
Praktik Penyelesaian Soal UAMBN KI MTs
Pembahasan Hasil Rencana Praktik Soal UAMBN KI MTs
Rencana Tindak Lanjut (RTL)
10
Dr. Siti Nasihatun, M.Pd
Pemateri
Analisis SKL, KI, KD dan Kisi-kisi dan soal UAMBN SKI MTs
11
Martatik, S.Ag., M.Si
Pemateri
Strategi Penyelesaian Soal UAMBN SKI MTs
12
Dr. H. Kusoy, M.Si
Pemateri
Pengembangan Sumber Daya Kementerian Agama
13
H. Muh.Tamam
Pemateri
Evaluasi Preogram

1.8     Fotokopi sertifikat  kegiatan (terlampir)
















4
 





BAB II

LAPORAN KEGIATAN

1.1      Tujuan Diklat/Pengembangan Diri
Tujuan  dari kegiatan Diklat Teknis Substantif UAMBN SKI MTs  agar saya dapat:
a.       Menaganilisis  dan menjelaskan karakteristik keterkaitan SKL, KI, KD dan kisi-kisi soal UAMBN SKI MTs
b.      Menganlisis dan mengindentifikasi materi esensial  berdasarkan kisi-kisi dan soal UAMBN  tiga tahun terakhir.
c.       Menganalisis dan mengindentifikasi soal HOTs, MOTs dan LOTs dari soal UAMBN SKI tiga tahun terakhir.
d.      Menganalisis dan mengindentifikasi macam-macam trategi penyelsaian soal UAMBN SKI tiga tahun terakhir.
e.       Menyajikan UAMBN SKI tiga tahun terakhir dan mengindentifikasi kendala UAMBN SKI tiga tahun terakhir.
1.2         Isi Materi Yang Disajikan Dalam Diklat/Pengembangan Diri Serta Uraian Kesesuaian Dengan Peningkatan Keprofesian Guru Yang Bersangkutan

LEMBAR KERJA
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, KD, dan INDIKATOR SOAL UAMBN SKI MTs

     SKL          :  Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan  prosedural  dalam  ilmu  pengetahuan, teknologi,   seni,   dan   budaya   dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata

  Tahun Soal  :     2019-2020




5


 

                                No. Soal
KD

INDIKATOR PEMBELAJARAN
(BUAT SENDIRI)
INDIKATOR SOAL
(BUAT SENDIRI)
A, B, C, D
 Materi Pelajaran
Level Kognitif
6
6
3.4 Memahami sikap dan gaya kepemimpinanUmar bin Abdul Azis Sikap dangaya  kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz (C2)
3.4 1 Menelaah gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz (11)

3.4.1.1.  Peserta didik dapat menentukan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz setelah menjadi khalifah dengan tepat. (11)
Sikap dan gaa kepemimpinan Umar
bin Abdul Aziz
L2


3.4.2 Menganalisis sikap kepribadian khalifah Umar bin Abdul Aziz (12)
3.4.2.1  Disajikan  beberapa pernyataan sikap, peserta didik dapat  menganalisis sikap  kepemimpinan dibidang agama khalifah Umar bin Abdul Aziz dengan tepat (12)
Sikap dan gays kepemimpinan Umar
bin Abdul Aziz
L3
7
3.1 Memahami sejarah
Dinasti Bani Abbasiyah (C2)
3.1.1 Menyimpulkan sejarah berdirinya Dinasti Bani Abbasiyah (13)

3.1.1.1  Peserta didik dapat  mengindentifikasi nama tokoh pendiri  Dinasti Bani Abbasiyah (13)
Sejarah berdirinya Dinasti Bani
Abbasiyah
L1

Dst….







PEMETAAN MATERI ESENSIAL SKI MTs 
BERDASARKAN KISI-KISI UAMBN TIGA TAHUN TERKHIR

NO
KD
Materi
KISI-KISI TP 2016/2017
KISI KISI TP 2017/2018
KISI-KISI TP 2018/2019
ASPEK
1
3.2.   Memahami Misi Rasulullah SAW. Sebagai Rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
Misi Rasulullah SAW sebagai Rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat

6
Menganalisis perilaku masyarakat Mekkah sebelum Islam datang (C4)
Menentukan salah satu bukti dari misi dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah (C3)
Menjelaskan kondisi Masyarakat Mekkah sebelum kedatangan agama Islam (C1)
Memahami Sejarah Nabi Muhammad saw. periode Makkah
2
Dst…






Keterangan:
Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Tsanawiyah (PMA No. 165 Tahun 2014), meliputi:
1.      Memahami sejarah Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
2.      Memahami sejarah Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
3.      Memahami peradaban Islam pada masa Khulafaurrasyidin.
4.      Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Umaiyah.
5.      Perkembangan  masyarakat  Islam  pada  masa  Dinasti  Bani Abbasiyah.
6.      Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah.
7.      Memahami perkembangan Islam di Indonesia

KATA KERJA OPERASIONAL (KKO)

      Ranah Kognitif
(Bloom, Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. : 2001)


Taksonomi Bloom Lama
C1
(Pengrtahuan)
C2
(Pemahaman)
C3
(Aplikasi)
C4
(Analisis)
C5
(Sintesis)
C6
(Evaluasi)
Taksonomi Bloom Revisi
C1
(Mengingat)
C2
(Memahami)
C3
(Mengaplikasikan)
C4
(Menganalisis)
C5
(Mengevaluasi)
C6
(Mencipta)


7
 

Mengingat
(remember)
Memahami
(Understad)
Mengaplikasikan
Apply)
Menganalisis
(Analyze)
Mengevaluasi
(Evaluate)
Mencipta
(Create)
Mengutip
Menebitkan
Menjelaskan
Memasagkan
Membaca
Menamai
Meninjau
Mentabulasi
Memberi kode
Menulis
Menyatakan
Menunjukkan
Mendaftar
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Menghafal
Mencatat
Meniru
Memperkirakan
Menceritakan
Merinci
Megubah
Memperluas
Menjabarkan
Mncontohkan
Mengemukakan
Menggali
Mengubah
Menghitung
Menguraikan
Mempertahankan
Mengartikan
Menerangkan
Menafsirkan
Memprediksi
Melaporkan
membedakan
Menugaskan
Menentukan
Menerapkan
Memodifikasi
Membangun
Mencegah
Melatih
Menyelidiki
Memproses
Memecahkan
Melakukan
Mensimulasikan
Mengurutkan
Membiasakan
Mengklasifikasi
Menyesuaikan
Menjalankan
Mengoperasikan
Meramalkan
Memecahkan
Menegaskan
Meganalisis
Menimpulkan
Menjelajah
Mengaitkan
Mentransfer
Mengedit
Menemukan
Menyeleksi
Mengoreksi
Mendeteksi
Menelaah
Mengukur
Membangunkan
Merasionalkan
Mendiagnosis
Memfokuskan
Memadukan
Membandingkan
Menilai
Mengarahkan
Mengukur
Meangkum
Mendukung
Memilih
Memproyeksikan
Mengkritik
Mengarahkan
Memutukan
Memisahkan
menimbang
Mengumpulkan
Mengatur
Erancang
Membuat
Merearasi
Memperjelas
Mengarang
Menyusun
Mengode
Mengkombinasikan
Memfasilitasi
Mengkonstruksi
Merumuskan
Menghubungkan
Menciptakan
menampilkan



KEMENTERIAN AGAMA RI

8






PUSDIKLAT
KEMENTERIAN AGAMA

KELOMPOK

2
 





































                                  
PREDIKSI SOAL
UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran
:
AQIDAH AKHLAK
Jenjang
:
Madrasah Aliyah
Program
:
IPA/IPS/Bahasa
Hari/Tanggal
:
2018
Waktu
:
90 menit

PETUNJUK UMUM
1.
Berdoalah kepada Allah SWT sebelum memulai mengerjakan paket soal.
2.
Isikan identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (LJUAMBN) dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk di LJUAMBN.
3.
Isikan jawaban soal ke dalam LJUAMBN sesuai petunjuk di LJUAMBN.
4.
Tersedia waktu 90 menit untuk mengerjakan paket soal.
5.
Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 5 (lima) pilihan jawaban.
6.
Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.
7.
Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
8.
Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.



9
 

1.3  Tindak Lanjut Yang Akan Atau Telah Dilaksanakan Oleh Guru Peserta Diklat/Pengembangan Diri Berdasarkan Hasil Dari Mengikuti Diklat Tersebut.
Mengaplikasikan materi DTS UAMBN SKI MTs yang sudah didapat diantaranya:
RENCANA TINDAK LANJUT (RTL)
DIKLAT UAMB SKI MTS
PUSDIKLAT TENAGA TEKNIS PENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN
TAHUN 2019


Nama               : Syafei, S.Ag. M.Si
Unit Kerja       : MTsN 1 Tangerang

10
 

NO
KEGIATAN
TUJUAN
INDIKATOR KEBERHASILAN
SASARAN
JABARAN KEGIATAN
WAKTU PELAKSANAAN
UNSUR YANG TERLIBAT
1
Membuat Laporan Kegiatan Diklat UN SKI MTs di Pusdiklat Kemenag RI  Tgl. 13 s.d 23 November 2019
Melaporkan hasil pelatihan DTS UAMBN SKI
Laporan lengkap, tuntas, dan diterima
Kamad
-      Menyusun laporan  kegiatan diklat
-      Melaporkan hasil kegiatan diklat
Hari Selasa, 26 November 2019
Kamad dan guru
2.
Diseminasi materi tentang soal HOTS kepada guru-guru di madrasah asal
Mensosialisasikan materi 
Guru-guru bisa memahami dan melaksanakan kegiatan tersebut
Guru-guru setempat
-     Persiapan materi
-     Sosialisasi materi
-     Analisis SKL, KI dan KD
Jum’at, 20 Desember 2019
Kamad dan  Guru
-     Persiapan materi
-     Sosialisasi materi
-     Materi esensial UAMBN
Jum’at, 27 Desember 2019
Kamad dan  Guru
-     Persiapan materi
-     Sosialisasi materi
-     Strategi penyelesaian soal UAMBN
Jum’at, 10 Januari  2020
Kamad dan  Guru
3.
Menguji soal TO UAMBN SKI di madrasah asal
Menguji kemampuan siswa untuk menjawab soal TO UAMBN SKI kepada siswa setempat
Siswa mampu:
-       memahami jenis dan isi teks
-       mengerjakan soal dengan baik
-        

Siswa Kelas IX
-     menggandakan soal
-     mengujikan soal
-     memeriksa hasil
-     menganalisis hasil
Disesuaikan dengan jadwal mengajar (Minggu pertama dan kedua bulan Januari 2020
Siswa kelas IX
4.
Mereview hasil kegiatan TO
Mengidentifikasi dan memecahkan kesulitan siswa dalam menjawab soal
Siswa mampu:
-       membedakan jenis teks
-       memahami isi bacaan
-       memahami maksud pertanyan
Siswa kelas IX
-     Siswa membaca kembali soal TO UN
-     Siswa bertanya
Setelah dilakukan analisis soal
Siswa kelas IX
5.
Deseminasi materi tentang soal HOTS kepada guru-guru SKI di tingkat Kabupaten melalui kegiatan MGMP
Mensosialisasikan materi 
Guru-guru bisa memahami dan melaksanakan kegiatan tersebut
Guru-guru SKI se KKM MTsN 1 Tangersang
-     Persiapan materi
-     Sosialisasi materi
-     Praktek pembuatan kisi-kisi PTS
-     Praktek pembuatan soal PTS
Minggu ke- 3 di bulan Pebruari 2020
Guru-guru SKI
6.
Melanjutkan kegiatan pembuatan soal HOTS guru-guru SKI di tingkat KKM melalui kegiatan MGMP
Menyamakan persepsi
-     Membuat soal yang baik
Guru-guru SKI KKM MTsN 1 Tangerang
-     Menggabungkan soal
-     Mengidentifikasi soal untuk masing-masing level
Minggu ke-4  di bulan Pebruari 2020
Guru-guru SKI
7.
Menguji soal TO UN SKI di madrasah asal
Menguji kemampuan siswa untuk menjawab soal TO UN SKI kepada siswa setempat

11
Siswa mampu:
-       memahami jenis dan isi teks
-       mengerjakan soal dengan baik

Siswa Kelas IX
-     menggandakan soal
-     mengujikan soal
-     memeriksa hasil
-     menganalisis hasil
Disesuaikan dengan jadwal mengajar (Pebruari Minggu ke-3 dan 4 2020)
Siswa kelas IX
8.
Mereview hasil kegiatan TO
Mengidentifikasi dan memecahkan kesulitan siswa dalam menjawab soal
Siswa mampu:
-       membedakan jenis teks
-       memahami isi bacaan
-       memahami maksud pertanyan
Siswa kelas IX
-     Siswa membaca kembali soal TO UAMBN
-     Siswa bertanya
Setelah dilakukan analisis soal
Siswa kelas IX
,
2.3.1 Dampak Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Mutu    
          KBM Dan Siswanya.
1.      Dampak bagi peningkatan kompetensi guru dalam peningkatan KBM sebagai berikut:
§  Mampu menyusun dan menaganilisis  karakteristik keterkaitan SKL, KI, KD dan kisi-kisi soal UAMBN SKI MTs
§  Mampu menganlisis dan mengindentifikasi materi esensial  berdasarkan kisi-kisi dan soal UAMBN  tiga tahun terakhir.
§  Mampu menganalisis dan mengindentifikasi soal HOTs, MOTs dan LOTs dari soal UAMBN SKI tiga tahun terakhir.
§  Mampu menganalisis dan mengindentifikasi macam-macam trategi penyelsaian soal UAMBN SKI tiga tahun terakhir.
§ 

12
Mampu menyajikan UAMBN SKI tiga tahun terakhir dan mengindentifikasi kendala UAMBN SKI tiga tahun terakhir.
2.      Bagi siswa
Siswa dapat terbantu dalam KBM:
§  Mampu mengerjakan soal-soal sesuai kisi-kisi soal UAMBN SKI MTs
§  Mampu mengerjakan soal UAMBN SKI tiga tahun terakhir
§  Memperoleh nilai UAMBN SKI yang lebih baik





















13
 


BAB III
PENUTUP

3.1    KESIMPULAN

14
Matrik ringkasan pelaksanaan DJJ Teknik Perencanaan Pembelajaran (TPP).
Nama Diklat
Tempat Kegiatan
Jumlah  Jam Kegiatan Diklat
Nama-nama Fasilitator
Mata Diklat/Kompetrensi
Nama Penyelenggara Kegiatan
Dampak
DTS UAMBN SKI MTs
Kampus Pusdiklat Tenaga Teknis. Jl. Ir.H. Juanda No.37 Ciputat Tangerang Selatan Banten
100 Jam
§ Prof. H. Abdurrahman Mas’ud, Ph.D
§ Dr. H. Mahsusi, M.M
§ Dra. Nanan Nahriah, M.Pd













§ Dr. Siti Nasihatun, M.Pd

§ Martatik, S.Ag., M.Si
§ Dr. H. Kusoy, M.Si
§ H. Muh.Tamam

§  Pembangunan bidang agama
§  Peningkatan kualitas Diklat Teknis Pendidikan dan keagamaan
§  Building Learning Commitment , Materi Essensial UAMBN SKI MTs, Rencana Praktik Penyelesaian Soal UAMBN KI MTs, Praktik Penyelesaian Soal UAMBN KI MTs, Pembahasan Hasil Rencana Praktik Soal UAMBN KI MTs dan Rencana Tindak Lanjut (RTL)
§  Analisis SKL, KI, KD dan Kisi-kisi dan soal UAMBN SKI MTs
§  Strategi Penyelesaian Soal UAMBN SKI MTs
§  Pengembangan Sumber Daya Kementerian Agama
§  Evaluasi Preogram
Pusdiklat Tenaga Teknis
   Mampu menyusun dan menaganilisis  karakteristik keterkaitan SKL, KI, KD dan kisi-kisi soal UAMBN SKI MTs
   Mampu menganlisis dan mengindentifikasi materi esensial  berdasarkan kisi-kisi dan soal UAMBN  tiga tahun terakhir.
   Mampu menganalisis dan mengindentifikasi soal HOTs, MOTs dan LOTs dari soal UAMBN SKI tiga tahun terakhir.
   Mampu menganalisis dan mengindentifikasi macam-macam trategi penyelsaian soal UAMBN SKI tiga tahun terakhir.
   Mampu menyajikan UAMBN SKI tiga tahun terakhir dan mengindentifikasi kendala UAMBN SKI tiga tahun terakhir.


3.2    SARAN
a.       Untuk Kepala Madrasah
Agar dapat melakukan supervisi secara merata terhadap para guru terutama yang berhubungan dengan pembuatan administrasi mengajar ,analisis SKL, KD, kisi-kisi dan naskah soal saat KBM.
b.      Untuk  Balai Diklat
Agar mengadakan kegiatan secara teratur dan berkelanjutan serta merata karena masih banyak para guru  yang belum sama sekali diikutsertakan dalam  kegiatan Diklat  Teknis Substantif (DTS) UAMBN SKIs tersebut.
































16
 







Foto Kegiatan DTS UAMBN SKI MTs







    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar