LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF
UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL
TINGKAT MTs.
Disusun oleh :
SYAFEI, S.Ag. M.Si
NIP.
197108131997031003
KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TANGERANG
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI RAJEG
TAHUN 2019
IDENTITAS GURU
Nama : Syafei,
S.Ag. M.Si
NIP/Nomor Seri Karpeg :
197108131997031003/G. 358326
Tempat Tanggal Lahir :
Tangerang, 13-08-1971
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pangkat/Gol Ruang/TMT : Pembina
/ IV a / 1 April 2012
Jenis Guru : Guru Mata Pelajaran SKI dan SB
Alamat Sekolah : Jl. KH. Dahlan Tanjakan Rajeg Kab. Tangerang
- Banten
Alamat Rumah : Kp. Pisangan Pangsor RT. 03/03 Ds.sangiang Kec. Sepatan Timur Kab. Tangerang
- Banten
i
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
Disusun oleh :
Syafei,
S.Ag. M.Si
NIP. 197108131997031003
Disahkan oleh :
Kepala
Madrasah,
Koordinator
PKB/Tim Penilai,
Trisno
Ferdiyansyah, M.Pd Dra. Hj. Marhumah
NIP. 1971 0217200511002 NIP. 196701221998032001
ii
DAFTAR ISI
IDENTITAS GURU................................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN...................................................................................... ii
DAFTAR ISI
..................................................................................................... iii
BAB I
: PENDAHULUAN.............................................................................. 1
1.1
Pendahuluan
............................................................................... 1
1.2
Nama
Kegiatan ........................................................................... 1
1.3
Waktu Pelaksanaan ..................................................................... 1
1.4
Tempat Kegiatan.......................................................................... 1
1.5
Tujuan
Pelaksanaan dan Sasaran .................................................. 2
1.6
Lama
Waktu Pelaksanaan dan Sasaran ........................................ 2
1.7
Surat Penugasan .......................................................................... 2
1.8
Sertifikat Kegiatan....................................................................... 3
BAB II : LAPORAN KEGIATAN................................................................... 5
2.1
Tujuan
Kegiatan.......................................................................... 5
2.2
Materi
Kegiatan ......................................................................... 5
2.3
Tindak
Lanjut Kegiatan ............................................................. 9
2.3
Dampak Terhadap Peningkatan Kompetensi............................. 12
BAB III : KESIMPULAN DAN SARAN ....................................................... 14
3.1
Kesimpulan
................................................................................. 14
3.2
Saran ......................................................................................... 15
Lampiran_lampiran
iii
BAB I
PENDAHULUAN
1. Pendahuluan
Dalam PMA No.75 Tahun 2015 tentang
Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Pada Kementerian Agama
dinyatakan bahwa Pusdiklat Tenaga Yekniks Pendidikan dan Keagamaan ,
Pengembangan Sistem Kediklatan Tenaga
Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Pengendalian Mutu Diklat dan Pembina Unit
Pelaksanaan Teknis di budang pelaksanaan Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan
Keagamaan.
Secara garis besar terdapat dua jenis diklat
Dalam Jabatan yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan
Keagamaan yaitu Diklat Fungsional dan Diklat Substantif. Diklat Substantif merupakan diklat yang
diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang berifat
Substantif dalam rangka pencapaian kompeteni yang terkait dengan pekerjaan yang
berangkutan, sehingga mampu melakukan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional.
Salah satu kegiatan Pusdiklat Tenaga Teknis
Pendidikan dan Keagamaan pada tahun anggaran 2019 adalah Diklat Teknis
Substantif Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) SKI MTs.
1.1 Nama
Kegiatan
Diklat
Teknis Substantif Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) SKI MTs
1.2 Waktu Pelaksanaan
Dari tanggal 13 November s/d 23
November 2019.
1.3 Tempat Kegiatan
Dilaksanakan di
Kampus Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama Jl. Ir . H. Juanda No. 37
Ciputat, Tangerang Selatan
1
|
1.4 Tujuan
Pelaksanaan dan Sasaran
Tujuan dan sasaran diklat
adalah :
a. Tujun
Tujuan diselnggarakan Diklat Teknis Substantif Ujian Akhir Madrasah
Berstandar Nasional (UAMBN) SKI MTs. Agar peserta mampu meningkatkan kompetensi
ehingga nilai SKI di setiap Madrasah meningkat.
b. Sasaran
Terdidik, terlatih dan terampilnya 34 guru mata
pelajaran SKI agar mampu meningkatkan hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional
(UAMBN) SKI pada MTs
1.5 Lama Waktu Pelaksanaan Diklat
Waktu pelaksanaan
selama 100 jam. Keseluruhan
Time line setiap modul seperti dalam table berikut.
A.
Kelompok
Dasar
Mata Diklat
ini ditunjukan untuk meningkatkan komitmen terhadap kehidupan berbangsa dan
bernegara, menanamkan nilai-nilai, budaya kerja, dan kebijakan Kementerian
Agama. Mata Diklat Kelompom dasar ini
terdiri dari:
No
|
Materi
|
Banyaknya
Minggu
|
|
T
|
P
|
||
1
|
Pembangunan Bidang
Agama
|
3
|
|
2
|
Pengembembangan
SDM Kementerian Agama
|
3
|
|
3
|
Peningkatan
kulalitas Diklat Teni Pendidikan dan Keagamaan
|
3
|
|
Jumlah
|
9 Jam
|
-
|
B.
Kelompok
Inti
2
|
No
|
Materi
|
Banyaknya
Minggu
|
|
T
|
P
|
||
1
|
Analisis SKL. KI,
KD dan Kisi-kisi Soal UAMBN SKI MTs
|
4
|
8
|
2
|
Materi
Essensial UAMBN SKI MTs
|
4
|
6
|
3
|
Analisis
Soal HOTs UAMBN SKI MTs
|
3
|
4
|
4
|
Startegi
Penyelesaian Soal HOTs
UAMBN SKI MTs
|
6
|
18
|
5
|
Rencana Praktik
Penyelesaian Soal UAMBN SKI MTs
|
||
6
|
Praktik Penyelesaian Soal UAMBN
SKI MTs
|
16
|
|
7
|
Pembahasan Hasil
Praktik Soal UAMBN
SKI MTs
|
8
|
|
Jumlah
|
19 Jam
|
64 Jam
|
C.
Kelompok
Penunjang
Mata Diklat
ini adalah mata diklat yang ditunjukan
untuk memperkuat, memperkaya, dan memperdalam mata diklat dasar dan amata
diklat inti . Mata Diklat Kelompom
penunjang ini terdiri dari:
No
|
Materi
|
Banyaknya
Minggu
|
|
T
|
P
|
||
1
|
Overview
|
3
|
1
|
2
|
Building
Keraning Commitment
|
2
|
2
|
3
|
Evaluasi
Program
|
-
|
1
|
4
|
Rencana
Tindak Lanjut
|
-
|
2
|
Jumlah
|
2 Jam
|
6 Jam
|
1.6 Surat Penugasan (terlampir)
1.7 Penyelenggara/
Pelaksana Diklat
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Materi
|
|
1
|
Puji Kusbandri
|
Penanggung Jawab
|
Panitia
|
|
2
|
Muh. Tamam
|
Ketua Penyelengara
|
Panitia
|
|
3
|
Yayat Hidayat
|
Sekretaris
|
Panitia
|
|
4
|
Supriyadi
|
Anggota
|
Panitia
|
|
5
|
Dias Martina
|
Pembantu Umum
|
Panitia
|
|
6
|
Slamet
|
Pembantu Umum
|
Panitia
|
|
7
|
Prof. H.
Abdurrahman Mas’ud, Ph.D
|
Pemateri
|
Pembangunan bidang
agama
|
|
8
|
Dr. H. Mahsusi, M.M
|
|
Peningkatan kualitas Diklat Teknis Pendidikan dan
keagamaan
|
|
9
|
Dra. Nanan Nahriah,
M.Pd
|
Pemateri
|
Building Learning
Commitment
|
|
Materi Essensial
UAMBN SKI MTs
|
||||
Rencana Praktik
Penyelesaian Soal UAMBN KI MTs
|
||||
Praktik
Penyelesaian Soal UAMBN KI MTs
|
||||
Pembahasan Hasil
Rencana Praktik Soal UAMBN KI MTs
|
||||
Rencana Tindak
Lanjut (RTL)
|
||||
10
|
Dr. Siti Nasihatun, M.Pd
|
Pemateri
|
Analisis SKL, KI, KD dan Kisi-kisi dan soal UAMBN
SKI MTs
|
|
11
|
Martatik, S.Ag.,
M.Si
|
Pemateri
|
Strategi
Penyelesaian Soal UAMBN SKI MTs
|
|
12
|
Dr. H. Kusoy, M.Si
|
Pemateri
|
Pengembangan Sumber
Daya Kementerian Agama
|
|
13
|
H. Muh.Tamam
|
Pemateri
|
Evaluasi Preogram
|
1.8 Fotokopi
sertifikat kegiatan (terlampir)
4
|
BAB II
LAPORAN KEGIATAN
1.1 Tujuan
Diklat/Pengembangan Diri
Tujuan dari
kegiatan Diklat Teknis Substantif UAMBN SKI MTs agar saya dapat:
a. Menaganilisis dan menjelaskan karakteristik keterkaitan
SKL, KI, KD dan kisi-kisi soal UAMBN SKI MTs
b. Menganlisis
dan mengindentifikasi materi esensial
berdasarkan kisi-kisi dan soal UAMBN
tiga tahun terakhir.
c. Menganalisis
dan mengindentifikasi soal HOTs, MOTs dan LOTs dari soal UAMBN SKI tiga tahun
terakhir.
d. Menganalisis
dan mengindentifikasi macam-macam trategi penyelsaian soal UAMBN SKI tiga tahun
terakhir.
e. Menyajikan
UAMBN SKI tiga tahun terakhir dan mengindentifikasi kendala UAMBN SKI tiga
tahun terakhir.
1.2
Isi
Materi Yang Disajikan Dalam Diklat/Pengembangan Diri Serta
Uraian Kesesuaian Dengan Peningkatan Keprofesian Guru Yang Bersangkutan
LEMBAR
KERJA
ANALISIS
KETERKAITAN SKL, KI, KD, dan INDIKATOR SOAL UAMBN SKI MTs
SKL : Memiliki pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian yang tampak mata
Tahun
Soal : 2019-2020
5
|
No. Soal
|
KD
|
INDIKATOR PEMBELAJARAN
(BUAT SENDIRI)
|
INDIKATOR SOAL
(BUAT SENDIRI)
A, B, C, D
|
Materi Pelajaran
|
Level Kognitif
|
6
6
|
3.4 Memahami sikap dan gaya kepemimpinanUmar bin Abdul Azis
Sikap dangaya kepemimpinan Umar bin
Abdul Aziz (C2)
|
3.4 1
Menelaah gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz (11)
|
3.4.1.1.
Peserta didik dapat menentukan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz
setelah menjadi khalifah dengan tepat. (11)
|
Sikap
dan gaa kepemimpinan Umar
bin Abdul Aziz
|
L2
|
3.4.2
Menganalisis sikap kepribadian khalifah Umar bin Abdul Aziz (12)
|
3.4.2.1
Disajikan beberapa pernyataan
sikap, peserta didik dapat menganalisis sikap kepemimpinan dibidang agama khalifah Umar
bin Abdul Aziz dengan tepat (12)
|
Sikap
dan gays kepemimpinan Umar
bin Abdul Aziz
|
L3
|
||
7
|
3.1
Memahami sejarah
Dinasti Bani Abbasiyah (C2)
|
3.1.1
Menyimpulkan sejarah berdirinya Dinasti Bani Abbasiyah (13)
|
3.1.1.1
Peserta didik dapat
mengindentifikasi nama tokoh pendiri
Dinasti
Bani Abbasiyah (13)
|
Sejarah
berdirinya Dinasti Bani
Abbasiyah
|
L1
|
Dst….
|
PEMETAAN
MATERI ESENSIAL SKI MTs
BERDASARKAN
KISI-KISI UAMBN TIGA TAHUN TERKHIR
NO
|
KD
|
Materi
|
KISI-KISI
TP 2016/2017
|
KISI
KISI TP 2017/2018
|
KISI-KISI
TP 2018/2019
|
ASPEK
|
|
1
|
3.2.
Memahami Misi Rasulullah SAW. Sebagai Rahmat
bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
|
Misi Rasulullah SAW sebagai Rahmat bagi alam
semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
|
|
Menentukan
salah satu bukti dari misi dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah (C3)
|
Menjelaskan kondisi Masyarakat Mekkah sebelum
kedatangan agama Islam (C1)
|
Memahami
Sejarah Nabi Muhammad saw. periode Makkah
|
|
2
|
Dst…
|
Keterangan:
Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di
Madrasah Tsanawiyah (PMA No. 165 Tahun 2014), meliputi:
1. Memahami
sejarah Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
2. Memahami
sejarah Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
3. Memahami
peradaban Islam pada masa Khulafaurrasyidin.
4. Perkembangan
masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Umaiyah.
5. Perkembangan masyarakat
Islam pada masa
Dinasti Bani Abbasiyah.
6. Perkembangan
masyarakat Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah.
7. Memahami
perkembangan Islam di Indonesia
KATA KERJA OPERASIONAL
(KKO)
Ranah Kognitif
(Bloom, Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. : 2001)
Taksonomi Bloom Lama
|
C1
(Pengrtahuan)
|
C2
(Pemahaman)
|
C3
(Aplikasi)
|
C4
(Analisis)
|
C5
(Sintesis)
|
C6
(Evaluasi)
|
Taksonomi Bloom Revisi
|
C1
(Mengingat)
|
C2
(Memahami)
|
C3
(Mengaplikasikan)
|
C4
(Menganalisis)
|
C5
(Mengevaluasi)
|
C6
(Mencipta)
|
7
|
Mengingat
(remember)
|
Memahami
(Understad)
|
Mengaplikasikan
Apply)
|
Menganalisis
(Analyze)
|
Mengevaluasi
(Evaluate)
|
Mencipta
(Create)
|
Mengutip
Menebitkan
Menjelaskan
Memasagkan
Membaca
Menamai
Meninjau
Mentabulasi
Memberi kode
Menulis
Menyatakan
Menunjukkan
Mendaftar
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Menghafal
Mencatat
Meniru
|
Memperkirakan
Menceritakan
Merinci
Megubah
Memperluas
Menjabarkan
Mncontohkan
Mengemukakan
Menggali
Mengubah
Menghitung
Menguraikan
Mempertahankan
Mengartikan
Menerangkan
Menafsirkan
Memprediksi
Melaporkan
membedakan
|
Menugaskan
Menentukan
Menerapkan
Memodifikasi
Membangun
Mencegah
Melatih
Menyelidiki
Memproses
Memecahkan
Melakukan
Mensimulasikan
Mengurutkan
Membiasakan
Mengklasifikasi
Menyesuaikan
Menjalankan
Mengoperasikan
Meramalkan
|
Memecahkan
Menegaskan
Meganalisis
Menimpulkan
Menjelajah
Mengaitkan
Mentransfer
Mengedit
Menemukan
Menyeleksi
Mengoreksi
Mendeteksi
Menelaah
Mengukur
Membangunkan
Merasionalkan
Mendiagnosis
Memfokuskan
Memadukan
|
Membandingkan
Menilai
Mengarahkan
Mengukur
Meangkum
Mendukung
Memilih
Memproyeksikan
Mengkritik
Mengarahkan
Memutukan
Memisahkan
menimbang
|
Mengumpulkan
Mengatur
Erancang
Membuat
Merearasi
Memperjelas
Mengarang
Menyusun
Mengode
Mengkombinasikan
Memfasilitasi
Mengkonstruksi
Merumuskan
Menghubungkan
Menciptakan
menampilkan
|
KEMENTERIAN AGAMA RI
|
8
|
PUSDIKLAT
KEMENTERIAN
AGAMA
|
KELOMPOK
|
2
|
PREDIKSI SOAL
UJIAN AKHIR
MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
LEMBAR SOAL
|
||
Mata Pelajaran
|
:
|
AQIDAH AKHLAK
|
Jenjang
|
:
|
Madrasah Aliyah
|
Program
|
:
|
IPA/IPS/Bahasa
|
Hari/Tanggal
|
:
|
2018
|
Waktu
|
:
|
90 menit
|
PETUNJUK UMUM
|
|
1.
|
Berdoalah kepada
Allah SWT sebelum memulai mengerjakan paket soal.
|
2.
|
Isikan identitas
Anda ke dalam Lembar Jawaban Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional
(LJUAMBN) dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk di LJUAMBN.
|
3.
|
Isikan jawaban
soal ke dalam LJUAMBN sesuai petunjuk di LJUAMBN.
|
4.
|
Tersedia waktu 90
menit untuk mengerjakan paket soal.
|
5.
|
Jumlah soal
sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 5 (lima) pilihan jawaban.
|
6.
|
Periksa dan
bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.
|
7.
|
Laporkan kepada
pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau
tidak lengkap.
|
8.
|
Periksalah
pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
|
9
|
1.3 Tindak Lanjut Yang Akan
Atau Telah Dilaksanakan Oleh Guru Peserta Diklat/Pengembangan Diri Berdasarkan
Hasil Dari Mengikuti Diklat Tersebut.
Mengaplikasikan
materi DTS UAMBN SKI MTs yang sudah didapat diantaranya:
RENCANA TINDAK LANJUT (RTL)
DIKLAT UAMB SKI MTS
PUSDIKLAT TENAGA TEKNIS PENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN
TAHUN 2019
Nama :
Syafei, S.Ag. M.Si
Unit Kerja : MTsN
1 Tangerang
10
|
NO
|
KEGIATAN
|
TUJUAN
|
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
SASARAN
|
JABARAN KEGIATAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
UNSUR YANG TERLIBAT
|
|
1
|
Membuat Laporan
Kegiatan Diklat UN SKI MTs di Pusdiklat Kemenag RI Tgl. 13 s.d 23 November 2019
|
Melaporkan hasil
pelatihan DTS UAMBN SKI
|
Laporan lengkap,
tuntas, dan diterima
|
Kamad
|
- Menyusun laporan kegiatan diklat
- Melaporkan hasil
kegiatan diklat
|
Hari Selasa, 26 November 2019
|
Kamad dan guru
|
|
2.
|
Diseminasi materi tentang soal HOTS kepada guru-guru di
madrasah asal
|
Mensosialisasikan materi
|
Guru-guru bisa memahami dan melaksanakan kegiatan tersebut
|
Guru-guru setempat
|
-
Persiapan materi
-
Sosialisasi materi
-
Analisis SKL, KI dan KD
|
Jum’at, 20 Desember 2019
|
Kamad dan Guru
|
|
-
Persiapan materi
-
Sosialisasi materi
-
Materi esensial UAMBN
|
Jum’at, 27 Desember 2019
|
Kamad dan Guru
|
||||||
-
Persiapan materi
-
Sosialisasi materi
-
Strategi penyelesaian soal UAMBN
|
Jum’at, 10 Januari
2020
|
Kamad dan Guru
|
||||||
3.
|
Menguji soal TO UAMBN SKI di madrasah asal
|
Menguji kemampuan siswa untuk menjawab soal TO UAMBN SKI kepada
siswa setempat
|
Siswa mampu:
-
memahami jenis dan isi teks
-
mengerjakan soal dengan baik
-
|
Siswa Kelas IX
|
-
menggandakan soal
-
mengujikan soal
-
memeriksa hasil
-
menganalisis hasil
|
Disesuaikan dengan jadwal mengajar (Minggu pertama dan
kedua bulan Januari 2020
|
Siswa kelas IX
|
|
4.
|
Mereview hasil kegiatan TO
|
Mengidentifikasi dan memecahkan kesulitan siswa dalam
menjawab soal
|
Siswa mampu:
-
membedakan jenis teks
-
memahami isi bacaan
-
memahami maksud pertanyan
|
Siswa kelas IX
|
-
Siswa membaca kembali soal TO UN
-
Siswa bertanya
|
Setelah dilakukan analisis soal
|
Siswa kelas IX
|
|
5.
|
Deseminasi materi tentang soal HOTS kepada guru-guru SKI
di tingkat Kabupaten melalui kegiatan MGMP
|
Mensosialisasikan materi
|
Guru-guru bisa memahami dan melaksanakan kegiatan tersebut
|
Guru-guru SKI se KKM MTsN 1 Tangersang
|
-
Persiapan materi
-
Sosialisasi materi
-
Praktek pembuatan kisi-kisi PTS
-
Praktek pembuatan soal PTS
|
Minggu ke- 3 di bulan Pebruari 2020
|
Guru-guru SKI
|
|
6.
|
Melanjutkan kegiatan pembuatan soal HOTS guru-guru SKI di
tingkat KKM melalui kegiatan MGMP
|
Menyamakan persepsi
|
-
Membuat soal yang baik
|
Guru-guru SKI KKM MTsN 1 Tangerang
|
-
Menggabungkan soal
-
Mengidentifikasi soal untuk
masing-masing level
|
Minggu ke-4 di
bulan Pebruari 2020
|
Guru-guru SKI
|
|
7.
|
Menguji soal TO UN SKI di madrasah asal
|
Menguji kemampuan siswa untuk menjawab soal TO UN SKI
kepada siswa setempat
|
-
memahami jenis dan isi teks
-
mengerjakan soal dengan baik
|
Siswa Kelas IX
|
-
menggandakan soal
-
mengujikan soal
-
memeriksa hasil
-
menganalisis hasil
|
Disesuaikan dengan jadwal mengajar (Pebruari Minggu ke-3
dan 4 2020)
|
Siswa kelas IX
|
|
8.
|
Mereview hasil kegiatan TO
|
Mengidentifikasi dan memecahkan kesulitan siswa dalam
menjawab soal
|
Siswa mampu:
-
membedakan jenis teks
-
memahami isi bacaan
-
memahami maksud pertanyan
|
Siswa kelas IX
|
-
Siswa membaca kembali soal TO
UAMBN
-
Siswa bertanya
|
Setelah dilakukan analisis soal
|
Siswa kelas IX
|
,
2.3.1 Dampak Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Dalam
Peningkatan Mutu
KBM Dan Siswanya.
1.
Dampak bagi peningkatan kompetensi guru dalam
peningkatan KBM sebagai berikut:
§
Mampu menyusun dan menaganilisis karakteristik keterkaitan SKL, KI, KD dan
kisi-kisi soal UAMBN SKI MTs
§
Mampu menganlisis dan mengindentifikasi materi
esensial berdasarkan kisi-kisi dan soal
UAMBN tiga tahun terakhir.
§
Mampu menganalisis dan mengindentifikasi soal
HOTs, MOTs dan LOTs dari soal UAMBN SKI tiga tahun terakhir.
§
Mampu menganalisis dan mengindentifikasi
macam-macam trategi penyelsaian soal UAMBN SKI tiga tahun terakhir.
§
Mampu menyajikan
UAMBN SKI tiga tahun terakhir dan mengindentifikasi kendala UAMBN SKI tiga
tahun terakhir.
12
|
2.
Bagi siswa
Siswa dapat terbantu dalam KBM:
§
Mampu mengerjakan soal-soal sesuai kisi-kisi
soal UAMBN SKI MTs
§
Mampu mengerjakan soal UAMBN SKI tiga tahun terakhir
§
Memperoleh nilai UAMBN SKI yang lebih baik
13
|
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
14
|
Nama
Diklat
|
Tempat
Kegiatan
|
Jumlah Jam Kegiatan Diklat
|
Nama-nama
Fasilitator
|
Mata
Diklat/Kompetrensi
|
Nama
Penyelenggara Kegiatan
|
Dampak
|
DTS UAMBN SKI MTs
|
Kampus
Pusdiklat Tenaga Teknis. Jl. Ir.H. Juanda No.37 Ciputat Tangerang Selatan
Banten
|
100 Jam
|
§ Prof. H.
Abdurrahman Mas’ud, Ph.D
§ Dr. H. Mahsusi, M.M
§ Dra. Nanan Nahriah,
M.Pd
§ Dr. Siti Nasihatun, M.Pd
§ Martatik, S.Ag.,
M.Si
§ Dr. H. Kusoy, M.Si
§ H. Muh.Tamam
|
§
Pembangunan bidang agama
§
Peningkatan
kualitas Diklat Teknis Pendidikan dan keagamaan
§
Building Learning
Commitment , Materi Essensial UAMBN SKI MTs, Rencana Praktik Penyelesaian
Soal UAMBN KI MTs, Praktik Penyelesaian Soal UAMBN KI MTs, Pembahasan Hasil
Rencana Praktik Soal UAMBN KI MTs dan Rencana Tindak Lanjut (RTL)
§
Analisis SKL, KI,
KD dan Kisi-kisi dan soal UAMBN SKI MTs
§
Strategi Penyelesaian
Soal UAMBN SKI MTs
§
Pengembangan Sumber Daya
Kementerian Agama
§ Evaluasi Preogram
|
Pusdiklat
Tenaga Teknis
|
•
Mampu menyusun dan menaganilisis karakteristik keterkaitan SKL, KI, KD dan
kisi-kisi soal UAMBN SKI MTs
•
Mampu menganlisis dan mengindentifikasi
materi esensial berdasarkan kisi-kisi
dan soal UAMBN tiga tahun terakhir.
•
Mampu menganalisis dan mengindentifikasi soal
HOTs, MOTs dan LOTs dari soal UAMBN SKI tiga tahun terakhir.
•
Mampu menganalisis dan mengindentifikasi
macam-macam trategi penyelsaian soal UAMBN SKI tiga tahun terakhir.
•
Mampu menyajikan UAMBN SKI tiga tahun
terakhir dan mengindentifikasi kendala UAMBN SKI tiga tahun terakhir.
|
3.2 SARAN
a. Untuk
Kepala Madrasah
Agar dapat melakukan supervisi secara merata
terhadap para guru terutama yang berhubungan dengan pembuatan administrasi
mengajar ,analisis SKL, KD, kisi-kisi dan naskah soal saat KBM.
b. Untuk Balai Diklat
Agar mengadakan kegiatan secara teratur dan
berkelanjutan serta merata karena masih banyak para guru yang belum sama sekali diikutsertakan
dalam kegiatan Diklat Teknis Substantif (DTS) UAMBN SKIs tersebut.
16
|
Foto Kegiatan DTS UAMBN SKI MTs
Tidak ada komentar:
Write komentar